IpTek (Seven) Blog

Hal-Hal Yang Sangat Mempengaruhi Traffic Blog IpTek (Seven) Blog

Blog edisi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IpTek), Astronomi, tutorial, Kumpulan kata-kata, Download Aplikasi, Kode HTML, trik SEO, berita dan trik/cara.


Hal-Hal Yang Sangat Mempengaruhi Traffic Blog

Ditulis Oleh : Miko Satria Pratama | Pada Tanggal : 8/27/2012

Hal-Hal Yang Mempengaruhi Traffic/Pengunjung Blog | IpTek (Seven) Blog. Traffic secara bahasa diartikan sebagai lalu lintas, jika dalam dunia blogging yang dimaksud traffic adalah sumber lalu lintas datangnya pengunjung menuju blog. Traffic blog biasanya berasal dari tiga sumber utama. Yaitu:
1. Direct Traffic berupa kunjungan langsung menuju blog dengan mengetik URL pada address bar browser. Dalam direct traffic atau kunjungan langsung biasanya pengunjung hafal dengan url blog yang akan dikunjungi.
2. Traffic Via Search Engine, untuk traffic dengan sumber ini akan datang jika pengunjung memerlukan informasi yang ada di blog kita. Biasanya untuk mendapatkan traffic dengan melalui cara ini blog kita harus berada pada Page 1 SERP (Search Engine Result Page). Rata-rata search engine menampilkan 10 hasil pencarian pada setiap page-nya. Jadi traffic melalui Search engine akan didapat jika blog sobat berada pada posisi Top 10 Search Result. Bagaimana dengan blog yang berada di Page 3 dan seterusnya? Mayoritas pengunjung hanya akan melihat hingga Page 2 saja, jika yang dicarinya tidak juga ditemukan, maka mereka akan akan mengganti kata kunci pencariannya.
3. Melalui Link Dari Situs lain, traffic melalui sumber ini akan didapat jika sering Tuker tukeran Link, Blogwalking dengan meninggalkan komentar menggunakan profil Name/Url / Open Id (Untuk Komentar di Blog platform Blogger) atau mengisi nama dan situs web dengan Judul Blog dan URL blog saat berkomentar pada situs lain seperti Wordpress, Blogdetik, dan lain-lain, selain itu traffic seperti ini juga bisa didapat dari Submit artikel, membuat post di blog lain (Khusus writter yang kaya ide), dan jika artikel sobat sangat bermanfaat mungkin ada yang rela melink ke blog sobat sebagai Argument untuk memperkuat posting mereka.
Berikut ini adalah Hal-Hal Yang Sangat Mempengaruhi Traffic atau banyaknya Pengunjung Blog:
  • Jumlah Posting, Jumlah posting adalah hal pertama yang sangat mempengaruhi traffic atau jumlah pengunjung blog sobat. Bayangkan, apakah blog tanpa posting bisa memiliki puluhan pengunjung per hari? jelas tidak mungkin kan?. Blog yang memiliki 50 posting akan memiliki jumlah kunjungan yang tinggi dibandingkan dengan blog yang hanya memiliki 25 posting. Blog yang memiliki 1000 posting berpeluang mendapatkan lebih dari 1000 traffic/kunjungan per hari dengan mudah.
  • Jumlah artikel yang terindeks di Search Engine dan Jumlah Search Engine yang Mengindeks Blog sobat. Coba bayangkan jika artikel atau bahkan blog sobat tidak terindeks oleh search engine? pasti akan memiliki traffic dan jumlah pengunjung yang sangat sedikit. Selain itu jumlah search engine yang mengindeks juga harus diperhatikan. Jika blog sobat berplatform Blogger atau Blogspot.Com maka blog sobat lambat laun juga pasti akan diindeks Google tanpa harus melakukan submit url (Huuhh, google pilihkasih, sayang sama produk sendiri T_T ). Bagaimana dengan Search engine lain?. Silahkan baca Cara Agar Blog Terindeks di Google dan 72 Search Engine Lain. Khusus untuk Bing dan Yahoo submit sendiri ^_^ tapi cuma butuh satu submit kok, karena Yahoo siteexplorer sudah lama di Merge dengan Bing Webmaster Toolbox.
  • Posisi Blog pada SERP. Blog yang berada pada page 1 SERP atau Top 10 (Ten) Search Result akan lebih memiliki peluang besar untuk diklik pengunjung. Sekedar info: antara Google.co.id Google.com Google.com.au dan saudara saudaranya :D memiliki Hasil SERP yang berbeda sudah saya buktikan sendiri.
  • Topik atau permasalahan yang dibahas di blog. Khusus yang satu ini tidak bisa dipungkiri, jika sobat membuat posting yang sesuai dengan momentnya pasti akan mengalirkan ratusan traffic per hari untuk satu posting tersebut, keren kan 1 posting bisa mendapat ratusan pengunjung blog. tapi tetap saja Posisi SERP mempengaruhinya, percuma walaupun banyak orang yang mencari info tersebut kalau blog kita berada di ekor SERP (Emangnya binatang?, dasar admin bodoh, asal asalan aja nyusun kalimat) hehehe... bukannya asal-asalan sob, tapi memang yang di ekor jarang kebagian jatah ^_^. Tapi (ada tapinya juga nih) kalau topik tersebut perlahan udah basi dimakan waktu trafficnya down lagi. ya seperti naik gunung lah mendaki setinggi mungkin untuk menurun securam mungkin. Jadi ada baiknya juga sih membahas topik yang awet (kalau pengen awet pake aja formalin, huahahah) seperti tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IpTek) Blog saya githu loh :@ dan pelajaran pelajaran
  • Tampilan Blog. (yang ini soal style nih?) bukan kok sob, tapi yang ini soal Preman cieeh performance blog sobat, tentang fash loading, dan tentang visitor friendly. Blog yang berat tidak akan membuat pengunjung kecapek'an kok, kan gak diangkat, tapi membuat pengunjung jengkel dan buru-buru lari. selain itu tampilan blog yang xilau silau tidak akan mengundang pengunjung untuk memakai kacamata 8-) tapi itu namanya mengusir pengunjung.
  • Navigasi Blog. Sobat ingin tau kenapa navigasi blog juga mempengaruhi jumlah traffic/pengunjung blog. Dengan Navigasi yang baik, blog sobat bisa menggandakan jumlah kunjungan. Misalnya dengan Navigasi widget Related post dan navigasi Breadcrumb. Dengan adanya navigasi tersebut pengunjung bisa lebih dalam mengupas informasi yang ada di dalam blog sobat selain itu Daftar Isi blog juga memudahkan pengunjung untuk menelusuri konten dan informasi yang ada di blog sobat. Dengan navigasi blog yang baik dapat mengurangi persentase Bounce Rate blog sobat. Blog tanpa navigasi akan membuat pengunjung meninggalkan blog setelah selesai membaca posting yang dicarinya.

Karena posting ini dibuat dengan Handphone, hanya sedikit itulah yang dapat saya posting hari ini tentang Hal-Hal Yang Sangat Mempengaruhi Traffic/Pengunjung Blog. Mungkin sobat juga tertarik untuk membaca Cara Cepat Meningkatkan Traffic Blog. Semoga posting ini bermanfaat untuk sobatku semua. Nantikan posting selanjutnya dari IpTek (Seven) Blog. salam blogging.

Related Post / Artikel Terkait:

Posting dengan judul Hal-Hal Yang Sangat Mempengaruhi Traffic Blog ini terdapat pada kategori Tips-Trik. Bagikan halaman ini dengan URL https://iptek7.blogspot.com/2012/08/hal-yang-mempengaruhi-traffic-blog.html.
Gunakan kode HTML berikut:

Atau Gunakan BBCode berikut:

Terima kasih!
Hal-Hal Yang Sangat Mempengaruhi Traffic Blog Judul Artikel : Hal-Hal Yang Sangat Mempengaruhi Traffic Blog
Ditulis oleh: Miko Satria Pratama
Rating : 5.0 based on 7 Reviews
Dipublikasikan tanggal : 8/27/2012
Komentar
6 Komentar

6 komentar untuk "Hal-Hal Yang Sangat Mempengaruhi Traffic Blog"

  1. artikel yang bermanfaat gan

    ReplyDelete
  2. Follow Folowan Ya Gan...

    visit: ww.uzuara2.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. wah-wah-wah pengunjung blognya bUaaanyaKKK bangettttttttt. visit back yea

    ReplyDelete
  4. ane susah banget gan dapet pengunjung di blog ane.. -_-

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik. Komentar anda sangat diperlukan untuk perkembangan Blog ini. Komentar disini tanpa kode verifikasi.
Baca juga Posting lain | Daftar Isi