IpTek (Seven) Blog

Sejarah, Cara Pengurusan dan Perkembangan Blog Ini | 1st Anniversary IpTek (Seven) Blog

Blog edisi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IpTek), Astronomi, tutorial, Kumpulan kata-kata, Download Aplikasi, Kode HTML, trik SEO, berita dan trik/cara.


Sejarah, Cara Pengurusan dan Perkembangan Blog Ini | 1st Anniversary

Ditulis Oleh : Miko Satria Pratama | Pada Tanggal : 3/20/2013

First Anniversary IpTek (Seven) Blog


IpTek (Seven) Blog | tepat pada hari ini 20 Maret 2013 usia blog ini telah mencapai 1 tahun. Walaupun pada pertama pembuatannya tidak menggunakan url http://iptek7.blogspot.com tetapi memakai url http://education-mikosatria.blogspot.com. Selain itu nama blog ini kurang dari setahun yang lalu bukan lah IpTek (Seven) Blog tetapi Education and Science Blog. Dari pada tidak mengisi dengan posting apapun pada hari ini, sebaiknya akan aku uraikan Sejarah Pengurusan dan Perkembangan Blog Ini mungkin saja akan bermanfaat bagi sebagian orang. Sebenarnya saya sudah terdaftar di blogger pada bulan Maret 2008 iseng-iseng mendaftar karena menurut saya aktifitas ngeblog itu menarik namun karna tidak punya ilmunya dan belum terbiasa dengan tampilan dashboard blogger (dulu berwarna biru tua dan tampilan menu utama lebih sedikit), saya tidak memulai blogging hanya sekedar mendaftar di GMail dan Blogger saja. Kemudian empat tahun setelah itu karna telah merasa bosan menjelajahi dunia maya dengan akses gratis karena paket operamini yang dulu saya beli seharga 2000/hari mengalami masalah (error) sehingga paketnya tidak berakhir. Dengan akses gratis inilah akhirnya saya memutuskan untuk mencoba kembali untuk belajar ngeblog dengan menggunakan layanan dari Blogger dan mudah mudahan untuk kedepannya saya sudah memiliki TLD (Top Level Domain) dan telah bisa memakai jasa hosting premium sehingga terlihat lebih professional. Sebelum memulai hobby dengan blog ini saya sudah membuat beberapa Sample Blog yang walalupun sekarang masih aktif tapi tidak pernah update. Nama blog tersebut adalah kisah teladan dengan kemampuan pas-passan untuk mencapai indexing google. Tiga hari kemudian blog kisah teladan tersebut akhirnya terindeks tanpa bisa mencapai Page 1 di SERP Google. Karena penasaran dengan dunia blogging dan ingin mencoba cara cara agar artikel yang di posting bisa hadir di halaman hasil pencarian saya mulai mencoba mencari Tips-Trik mengenai blogging di dunia maya. Dari hasil googling tersebut saya banyak mendapat trik yang kemudian saya kenal sebagai SEO dari blog Share With Irfan dengan url rayhanzhampiet.blogspot.com saya tidak terlalu ingat dengan urlnya tetapi dari ilmu yang saya dapata di blog itulah saya memulai membuat blog baru pada tanggal 20 Maret 2012 dengan judul Educatioan and Science Blog dengan url education-mikosatria.blogspot.com dengan posting pertama berjumlah tiga artikel yang original berdasarkan ilmu yang saya punya dengan pengetikkan pada Microsoft Word 2007 kemudian di copy ke entry editor blogger yang hasilnya semua gambar yang dimasukkan rusak dan terpaksa harus dimasukkan secara manual. Untuk memposting ketiga artikel tersebut saya menggunakan komputer warnet (maklumlah ane kan bloger kere yang gak punya komputer pribadi) dan menghabiskan dana sebesar 6000 rupiah (hihih..) untuk memulai serius ngeblog. Kemudian untuk posting selanjutnya banyak saya menggunakan artikel plagiat sekitar 8 artikel.
Setelah memahami lebih banyak trik SEO akhirnya saya memutuskan untuk menghentikan kebiasaan plagiat artikel orang hehehe. Dua bulan setelah itu saya mencoba mengganti url blog ini agar terlihat lebih singkat. Berbagai kata sudah saya susun dan berhasil pada IpTek7 dan langsung ter-save setelah itu saya sedikit panik karena ketika mengklik blog saya di serp hasilnya Not Found dan tertulis peringatan blogger bahwa blog ini telah dipindahkan. Sehari melakukan submit url ke google webmaster tools akhirnya blog saya terindeks lagi seperti biasa.
Awalnya penayangan blog ini perhari hanya berkisar 7 hingga 10 penayangan. Dan kalau saya bisa online penayangan bisa mencapai 30 penayangan (Pageview)/hari karena ditambah dengan kunjungan saya sendiri hehehe.. :D. Kemudian saya membuat sebuah artikel mengenai tips dan trik dengan mengeluarkan seluruh kemampuan SEO On Page saya berhasil mendapatkan jumlah pageviews 50/hari. Beberapa hari setelah itu saya coba membuat dua buah artikel dengan SEO On Page pas-passan akhirnya pageviewnya mencapai 100 hingga 150/hari. Dengan sisa paket Opera Mini yang error tersebut saya blogwalking tiap hari hingga pagevienya naik 350-400/hari dengan total posting 13 buah dan alhamdulillah dalam keadaan seperti itu google melakukan update PageRank sehingga blog ini mendapat PR 2, Bukan main senangnya hati saya pada saat itu. 3 bulan setelah itu dengan belajar dasar-dasar HTML saya memodifikasi template SIMPLE yang merupakan template standar blogger dengan memasukkan MetaData, mengkompress HTML, serta verifikasi alexa. Kemudian dengan bekal-bekal SEO dan tips trik lainnya dari blog Buka(n) Rahasia (Sekarang Buka Rahasia), Juragan SEO, dan Blog-blog lainnya akhirnya saya terapkan pada 10 artikel berutnya sehingga pada total posting 23 artikel blog ini sudah mencapai Pageviews 2500-3000/hari. Setelah itu saya merasa sangat senang dengan perkembangan blog ini hingga mencapai 8000-9500/hari setelah posting blog ini mencapai 39 artikel. Tetapi mengalami penurunan setelah total artikel mencapai 44 artikel, pageviewnya menjadi 7000-8500/hari dan ini adalah hal yang menyebalkan karna keikut sertaan saya pada sebuah kontes SEO. Bersambung...
Tunggu Update Berikutnya...

Sejarah Pengurusan Blog Ini

1st (First) Anniversary IpTek (Seven) Blog

Related Post / Artikel Terkait:

Posting dengan judul Sejarah, Cara Pengurusan dan Perkembangan Blog Ini | 1st Anniversary ini terdapat pada kategori . Bagikan halaman ini dengan URL https://iptek7.blogspot.com/2013/03/sejarah-cara-pengurusan-dan.html?m=0.
Gunakan kode HTML berikut:

Atau Gunakan BBCode berikut:

Terima kasih!
Sejarah, Cara Pengurusan dan Perkembangan Blog Ini | 1st Anniversary Judul Artikel : Sejarah, Cara Pengurusan dan Perkembangan Blog Ini | 1st Anniversary
Ditulis oleh: Miko Satria Pratama
Rating : 5.0 based on 7 Reviews
Dipublikasikan tanggal : 3/20/2013
Komentar
5 Komentar

5 komentar untuk "Sejarah, Cara Pengurusan dan Perkembangan Blog Ini | 1st Anniversary"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. lagi semangat ngkutin cerita nih mas, tau - tau bersambung

    ReplyDelete
  3. Hehehe,, sebenarnya saya lagi bingung mau ngebahas apa pada hari ulang tahun blog saya,, jadi bersambung aja deh,, siapa ada yang bisa ditambah besok :D

    ReplyDelete
  4. wah ada bersambungnya xixixi :p

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik. Komentar anda sangat diperlukan untuk perkembangan Blog ini. Komentar disini tanpa kode verifikasi.
Baca juga Posting lain | Daftar Isi