IpTek (Seven) Blog

Daftar Galaksi Indah Yang Telah Ditemukan IpTek (Seven) Blog

Blog edisi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IpTek), Astronomi, tutorial, Kumpulan kata-kata, Download Aplikasi, Kode HTML, trik SEO, berita dan trik/cara.


Daftar Galaksi Indah Yang Telah Ditemukan

Ditulis Oleh : Miko Satria D'Kamikaze | Pada Tanggal : 6/19/2012

 Daftar Galaksi Indah Yang Telah Ditemukan

Galaksi bima sakti, merupakan galaksi dimana bumi berada, galaksi bima sakti berbentuk spiral, terdiri dari lebih 40 miliar bintang, salah satu diantaranya adalah matahari. Dari tepi ke tepi jaraknya sekitar 100.000 tahun cahaya. Galaksi ini termasuk galaksi berukuran sedang jika dibandingkan dengan kelompok galaksi lainnya. Galaksi bima sakti menunjukkan gerak rotasi pada intinya.
Bumi tidak terletak pada tengah galaksi ini tetapi terletak pada bagian tepi, gambar galaksi bima sakti:


 Galaksi Magellan, merupakan galaksi yang paling dekat dengan galaksi bima sakti. Jaraknya kurang lebih 150.000 tahun cahaya dan berada di belahan bumi selatan galaksi Magellan terlihat seperti kabut dan terletak didaerah rasi doroda dan tucan. Yang besar disebut magellan besar dan yang kecil disebut Magellan kecil.

 Galaksi ursa mayor, berjarak 10.000.000 tahun cahaya dari galaksi bima sakti. Bentuk galaksi ursa mayor adalah elips dan rapat.
 Galaksi ursa mayor

 Galaksi Andromeda, galaksi Andromeda berbentuk spiral dan berjarak kurang lebih 2.000.000 tahun cahaya dari galaksi bima sakti. Pusat galaksi tidak terurai menjadi bintang-bintang yang terpisah dan inti galaksi sangat terang disekitarnya terdapat gugus bintang yang sudah tua yang berwarna merah jambu.

 Galaksi mata hitam (Black Eye), pada tahun 1781 seorang astronom prancis, Charles messier melakukan survei pemotretan terhadap galaksi dan nebula. Diantara galaksi yang ditemukannya ada galaksi yang memiliki sifat aneh yaitu memiliki cincin kabut yang berwarna gelap.Sebuah galaksi spiral di konstelasi Coma Berenices, Messier 64, yang terkenal "Black Eye" galaksi atau "Putri Tidur galaksi," memiliki spektakuler band gelap menyerap debu di depan inti galaksi cerdas. Itu terkenal di kalangan astronom amatir karena penampilannya di teleskop kecil. Cincin tersebut mengelilingi intinya yang terang benderang, sehingga tampak seperti mata manusia, maka galaksi ini diberi nama oleh messier dengan nama Galaksi Black Eye. Galaksi ini berbentuk spiral dengan lengan seperti belalai yang menjulur dari inti yang terang. Jarak galaksi ini dari bumi sekitar 17 juta tahun cahaya.
Sombrero Galaxy

iptek7.blogspot.com - Galaksi-Galaksi yang Telah di Temukan

Sombrero Galaxy (dikenal juga dengan sebutan M104 atau NGC 4594) adalah galaksi yang berbentuk spiral dimana lingkaran luarnya tampak lebih lebar dan terletak di susunan bintang Virgo.

Sombrero mempunyai inti atom (pusat) yang terang, dan sebuah sentral berlubang besar yang berwarna hitam, dan partikel debu yang menarik perhatian di permukaan nya yang melereng.

Debu yang berwarna gelap dan lubang besar ini menjadikan galaxy ini di sebut seperti "topi sombrero" (mempunyai tepi yang lebar).

Besarnya magnitude pada Sombrero (sekitar +9.0), menjadikannya mudah terlihat bahkan dengan teleskop biasa sekalipun. Dengan lubang yang besar dan jalur debu yang ada, menjadikan galaxy ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para profesional astronomer.
2MASX J00482185-2507365 occulting pair

iptek7.blogspot.com - Galaksi-Galaksi yang Telah di Temukan

The 2MASX J00482185-2507365 occulting pair (mempunyai pasangan yang tersembunyi) adalah sepasang galaxy yang saling beradu yang ditemukan di sekitar NGC 253, atau the Sculptor Galaxy.

Kedua galaxy tersebut terletak agak jauh dr NGC 253, dengan latar belakang galaxy, 2MASX J00482185-2507365,yang jatuh di redshift z=0.06, sedangkan tampak depannya terletak diantara NGC 253 dan backgroundnya (0.0008 < z < 0.06).

Pasangan galaxy ini menerangi jalur distribusi debu galactic yang melebihi jangkauan galaxy spiral. Oleh karena itu debu yang melebihi batasan perbintangan tersebut menampakan area baru yang menjadi bahan pembelajaran para astronom.

Jangkauan debunya dapat 6 kali melebihi radius perbintangan di galaxy yang berbentuk siluet dalam gambaran HST yang berlawanan dengan sentral dan core latar belakang dari galaxy tersebut.
The Whirlpool Galaxy

iptek7.blogspot.com - Galaksi-Galaksi yang Telah di Temukan

The Whirlpool Galaxy juga dikenal dengan Messier 51a, M51a, atau NGC 5194, the Whirlpool Galaxy adalah grand-design spiral galaxy yang saling mempengaruhi, yang jauhnya sekitar 23 million light-years dalam susunan bintang Canes Venatici.

Ini merupakan salah satu spiral galaxy yang terkenal di langit.

The Whirlpool Galaxy dan temannya (NGC 5195) sangat mudah di teliti oleh para astronomer pemula, karena kedua galaxy ini dapat terlihat dengan teropong biasa.
Grand Spiral Galaxy

iptek7.blogspot.com - Galaksi-Galaksi yang Telah di Temukan

Grand Spiral Galaxy didominasi oleh jutaan bintang terang dan debu berwarna gelap, yang dapat terlihat dalam perputaran gravitasi yang mengelilingi area sekitar titik tengahnya.

Sekelompok rintikan bintang berwarna biru terang dapat terlihat sepanjang jangkauan spiral ini, sedangkan jalur debu bewarna gelap antar bintang dapat terlihat berpercikan diantara mereka.

Banyak jumlah unsur yang tak terlihat yang belum kita ketahui - menembus unsur kegelapanlah untuk dapat menjelaskan tentang pergerakan-pergerakan yang dapat terlihat pada sisi luar galaxy ini.
Supernova 1987A

iptek7.blogspot.com
Add caption

20 tahun yang lalu, para astronomi menemukan salah satu pecahan bintang paling terang yang berusia sekitar 400 tahun, sebuah bintang jatuh bernama Supernova 1987A.

Gambar ini menunjukan keseluruhan wilayah sekitar supernova. Hal yang paling menarik dari gambar ini adalah adanya sebuah ring dengan lusinan noda terang.

Hal tersebut terjadi karena adanya sebuah guncangan gelombang yang dilepaskan dari bintang ini dan menghantam sepanjang wilayah pada bagian dalam cincin nya, gesekan ini menimbulkan panas hingga menyebabkan mereka bersinar.

Cincin yang berumur 1 tahun-cahaya tersebut kemungkinan pecahan dari bintang yang berumur 20.000 tahun lalu sebelum ia meledak. Dalam beberapa tahun yang akan datang, keseluruhan cincin akan terus bersinar karena adanya gesekan dengan kekuatanyang sangat besar.

Cincin yang bersinar tersebut, akan menjadi sumber cahaya bagi bintang-beintang lain disekelilingnya, hingga dapat memberikan astromer informasi baru tentang bagaimana bintang ini mengeluarkan materialnya pada saat terjadi ledakan tersebut.
 Galaxy Sculptor
Galaxy Sculptor (juga dikenal sebagai koin Perak atau Dolar Perak Galaxy, NGC 253, atau Caldwell 65) adalah galaksi spiral menengah di konstelasi Sculptor .Galaxy Sculptor adalah galaksi Starburst , yang berarti bahwa saat ini mengalami periode intens pembentukan bintang.

Galaksi ini ditemukan oleh Caroline Herschel pada tahun 1783 dalam salah satu sistematis nya komet pencarian.  Sekitar setengah abad kemudian, John Herschel mengamati menggunakan  logam cermin reflektor 18 inch di  Cape of Good Hope. Dia menulis, "sangat terang dan besar (24' panjang), sebuah objek yang luar biasa .... cahaya nya agak bergaris-garis, tapi saya tidak melihat bintang di dalamnya kecuali 4 bintang besar dan  yang sangat kecil satu, dan ini tampaknya tidak milik untuk itu, sekalipun banyak  didekatnya ... " 
Pada tahun 1961 Sandage Allan menulis dalam Hubble Atlas of Galaxies bahwa Galaxy Sculptor adalah "contoh prototipe dari subkelompok khusus Sc sistem .... gambar foto kelompok galaksi didominasi oleh pola debu. Debu jalur dan patch dari kompleksitas yang besar yang tersebar di seluruh permukaan. lengan spiral sering sulit untuk melacak .... Lengan didefinisikan sebagai banyak dengan debu sebagai oleh pola spiral ".OLEH Mills , bekerja di Sydney ,menemukan bahwa Galaxy Sculptor juga merupakan sumber radio yang cukup kuat. Pada tahun 1998 Hubble Space Telescope mengambil gambar rinci NGC 253.

Setidaknya dua teknik telah digunakan untuk mengukur jarak ke Galaksi Sculptor dalam sepuluh tahun terakhir. Menggunakan metode fungsi luminositas nebula planet, estimasi 10,89 0,85
-1,24 Mly (3,34 0,26
-0,38 MPC) dicapai pada tahun 2006. Sculptor cukup dekat bahwa metode tip of the red giant branch (TRGB) juga dapat digunakan untuk memperkirakan jarak. Jarak Galaksi Sculptor diperkirakan menggunakan teknik ini pada tahun 2004 menghasilkan 12,8 ± 1,2 Mly (3,94 ± 0,37 MPC). Sebuah rata-rata diperoleh dari perkiraan jarak yang paling dapat diandalkan memberikan jarak 11,4 ± 0,7 Mly (3,5 ± 0,2 MPC).


Related Post / Artikel Terkait:

Posting dengan judul Daftar Galaksi Indah Yang Telah Ditemukan ini terdapat pada kategori Astronomi. Bagikan halaman ini dengan URL http://iptek7.blogspot.com/2012/06/contoh-defenisi-jenis-galaksi.html.
Gunakan kode HTML berikut:

Atau Gunakan BBCode berikut:

Terima kasih!
Daftar Galaksi Indah Yang Telah Ditemukan Judul Artikel : Daftar Galaksi Indah Yang Telah Ditemukan
Ditulis oleh: Miko Satria D'Kamikaze
Rating : 5.0 based on 7 Reviews
Dipublikasikan tanggal : 6/19/2012
Komentar
1 Komentar

1 Komentar untuk "Daftar Galaksi Indah Yang Telah Ditemukan"

Silahkan berkomentar dengan baik. Komentar anda sangat diperlukan untuk perkembangan Blog ini. Komentar disini tanpa kode verifikasi.
Baca juga Posting lain | Daftar Isi