IpTek (Seven) Blog

Planet-Planet Layak Huni Di Alam Semesta IpTek (Seven) Blog

Blog edisi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IpTek), Astronomi, tutorial, Kumpulan kata-kata, Download Aplikasi, Kode HTML, trik SEO, berita dan trik/cara.


Planet-Planet Layak Huni Di Alam Semesta

Ditulis Oleh : Miko Satria D'Kamikaze | Pada Tanggal : 5/01/2012

Planet-Planet Di Alam Semesta Yang Layak Huni

Lebih dari 600 planet ekstrasolar telah ditemukan. Beberapa di antaranya memiliki kondisi yang sangat cocok untuk menunjang kehidupan (alias: Mirip Dengan Planet Bumi).
Berikut daftar beberapa planet yang mungkin menyimpan makhluk hidup/Kehidupan :

1. Gliese 581d

 Planet yang ditemukan pada tanggal 24 April 2007 ini memiliki massa sebesar 5,6 kali massa Bumi dengan periode orbitnya yaitu selama 67 hari. Gliese 581d dilihat dari sudut pandang kosmis, planet yang terletak pada jarak 20 tahun cahaya dari Bumi ini amat dekat. GLiese 581d memiliki posisi istimewa karena terletak di tepian zona layak huni (Zona Glodilock) atau Habitable zone bintang induknya, sebuah bintang katai merah. Planet ini cukup hangat dan basah, sehingga menjadi lahan yang tepat untuk menunjang kehidupan. Atmosfer karbon tebal mengelilingi planet ini dan memberikan perlindungan bagi permukaannya.


2. Gliese 581g

   Planet yang ditemukan pada tanggal 29 September 2010 yang lalu, yang memiliki massa sebesar 3,1 kali massa Bumi, dan memiliki periode orbit selama 36 hari. Saat ditemukan beberapa tahun lalu Gliese 581g tampak sebagai kandidat terbaik untuk planet yang mirip dengan Bumi. Planet ini berada dalam sistem yang sama dengan Gliese 581d yang telah diketahui sebelumnya. Planet bermassa tiga kali massa Bumi ini berada di dalam zona layak huni dan kemungkinan memiliki atmosfer.
Penelitian lebih lanjut menunjukkan jejak yang terekam pada penelitian sebelumnya bukan berasal dari planet baru. Karena itu diperkirakan planet ini kemungkinan tidak pernah ada.
3. GJ 1214b
   Planet yang ditemukan pada 16 Desember 2009 yang lalu, memiliki massa sebesar 6,5 kali massa Bumi, memiliki periode orbit selama 1,5 hari. Planet ini disebut-sebut sebagai "dunia air", dan terletak pada jarak 42 tahun cahaya dari bumi. Sebuah bintang katai merah bermassa seperlima kali massa matahari bercokol di jantung sistem, memberikan energi bagi planet ini. Keunikan planet ini adalah seluruh permukaannya digenangi oleh air. Permukaan air dikelilingi oleh atmosfer beruap yang tebal dan awan hidrogen.
Perhitungan terhadap unsur kimia menunjukkan planet ini mungkin ditinggali kehidupan.
Massa planet sebesar 6,5 kali Bumi dengan diameter 2,7 kali lebih besar membuat planet ini disebut sebagai superbumi.
4. HD 209458b (Osiris)
   Planet yang ditemukan pada 5 November
1999 ini, memiliki massa sebesar 218 massa Bumi, memiliki periode orbit selama 3,5 hari. Planet ini berjarak 150 tahun cahaya dari Bumi. Atmosfer yang mengelilinginya diperkirakan mengandung uap
air dan beberapa elemen organik yang juga dimiliki oleh Bumi pada masa purba. Elemen ini menjadi unsur penting dalam pembentukan kehidupan. Sayangnya, planet ini sangat dekat dengan bintang induknya, sehingga terlalu panas untuk ditinggali. Dengan kondisi planet yang berupa gas, sehingga tidak memiliki daratan.
5. Kepler-10b
  Planet ini ditemukan pada tanggal 10 Januari
2011, dengan massa sebesar 4,5 kali massa Bumi dan memiliko periode orbit selama 20 jam. Jika Kepler-10b terletak sedikit lebih jauh dari bintang induk, kemungkinan Kepler-10b bisa saja menyimpan kehidupan. Planet yang ditemukan pada 2011 ini pernah disebut sebagai bukti bahwa planet batuan seperti Bumi bisa tercipta di sekitar bintang lain. Karena itu Kepler-10b juga menjadi mata rantai penelitian ilmu keplanetan. Elemen pendukung kehidupan seperti air dan atmosfer tidak berlimpah di planet ini. Kondisi ini membuat planet ini sulit menjadi tempat munculnya kehidupan.
6. HD 85512b
   Planet ini ditemukan pada tanggal 17 Agustus
2011 (Hari Kemerdekaan Indonesia gan) dan memiliki massa sebesar 3,6 kali massa Bumi, dan memiliki periode orbit selama 54 hari. Planet yang baru ditemukan ini
terletak 36 tahun cahaya dari bumi. Massanya yang cukup moderat, yaitu 3,6 kali massa Bumi, membuat planet batuan ini bisa menyimpan atmosfer. Penelitian lebih jauh
mengungkap H2O (air), CO2 (Karbon Dioksida), dan N2 (Nitrogen) bisa muncul di atmosfer planet ini. Jarak planet ini dari bintang induknya juga berada di tepian zona layak huni. Banyaknya kondisi menguntungkan ini menjadikan planet HD 85512b sebagai tempat paling mungkin menyimpan kehidupan.
7. Kepler-22b
 Planet Kepler-22b ini ditemukan pada bulan Desember 2011 yang lalu, memiliki massa sebesar 2,4 kali massa Bumi. Hampir semua karakteristik Bumi ada pada Kepler-22b. Tidak mengherankan bila pakar astronomi menjuluki planet baru ini sebagai kembaran Bumi. Planet ini, yang ditemukan observatorium antariksa NASA, Kepler, mengitari satu bintang, yang juga amat mirip dengan matahari kita. Bintang ini
tergolong sebagai bintang kelas G yang sangat mirip dengan matahari. Begitu pula dengan jarak antara bintang dan planetnya.

Demikianlah daftar planet yang layak untuk dihuni, mungkin beberapa tahun kedepan kita dapat meneliti lebih lanjut dengan pesawat ataupun satelit masa depan.

"Terima Kasih atas kunjungannya gan" jangan lupa baca juga:
-Langit Malam Dan Benda Langit

Related Post / Artikel Terkait:

Posting dengan judul Planet-Planet Layak Huni Di Alam Semesta ini terdapat pada kategori Astronomi. Bagikan halaman ini dengan URL http://iptek7.blogspot.com/2012/04/planet-planet-di-alam-semesta-yang.html.
Gunakan kode HTML berikut:

Atau Gunakan BBCode berikut:

Terima kasih!
Planet-Planet Layak Huni Di Alam Semesta Judul Artikel : Planet-Planet Layak Huni Di Alam Semesta
Ditulis oleh: Miko Satria D'Kamikaze
Rating : 5.0 based on 7 Reviews
Dipublikasikan tanggal : 5/01/2012
Komentar
1 Komentar

1 Komentar untuk "Planet-Planet Layak Huni Di Alam Semesta"

  1. mantap..kalo mau ke planet harus bikin pesawat raksasa ala star trek.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik. Komentar anda sangat diperlukan untuk perkembangan Blog ini. Komentar disini tanpa kode verifikasi.
Baca juga Posting lain | Daftar Isi