IpTek (Seven) Blog

Langit Malam (The Night Sky) Dan Benda Benda Langit IpTek (Seven) Blog

Blog edisi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IpTek), Astronomi, tutorial, Kumpulan kata-kata, Download Aplikasi, Kode HTML, trik SEO, berita dan trik/cara.


Langit Malam (The Night Sky) Dan Benda Benda Langit

Ditulis Oleh : Miko Satria D'Kamikaze | Pada Tanggal : 3/20/2012


Langit Malam (The Night Sky) Dan Benda Langit
Pernahkah kalian mendengar: galaksi, bintang, planet, asteroid, satelit, sabuk kuiper,  meteor , nebula, rasi bintang,dan lain lain semuanya akan dibahas di artikel yang berjudul Langit Malam (The Night Sky) Dan Benda Langit. Iptek7
1.     Jagat raya
Pengertian jagat raya dalam kehidupan sehari-hari jagat raya lebih dikenal dengan istilah alam semesta. Jagat raya dapat diartikan sebagai suatu ruangan yang sangat besar, dimana didalamnya terjadi peristiwa alam yang dapat diungkapkan manusia maupun yang belum dapat diungkapkan.
·         Teori terbentuknya jagat raya
§  Teori jagat raya mengembang
Edwin hubble melakukan pengamatan terhadap galaksi-galaksi yang letaknya sangat  jauh. Galaksi-galaksi ini selalu bergerak menjauhi pusat jagat raya dengan kecepatan tinggi. Antar galaksi jaraknya pun semakin bertambah setiap saat hal ini berarti jagat raya tidak statis melainkan mengalami perkembangan.
§  Teori big bang
Teori ini berasal dari anggapan bahwa pada mulanya ada suatu massa yang luar biasa besarnya dengan berat jenis yang sangat besar. Akibat ada reaksi inti maka massa yang luar biasa besarnya tersebut meledak  dan berserakan kemudian mengembang dengan sangat cepat menjauhi pusat ledakan.
Setelah jutaan tahun maka massa yang berserakan tersebut membentuk kelompok-kelompok  yang akhirnya menjadi galaksi . kelompok-kelompok ini terus bergerak menjauhi pusatnya . teori ini didukung dari hasil pengamatan bahwa galaksi-galaksi ini memang terus bergerak menjauhi titik pusat yang sama.
§  Teori keadaan tetap
Teori ini dipelopori oleh fred hoyle, menurutnya, materi baru (hydrogen) diciptakan setiap saat untuk mengisi ruang kosong yang timbul dari pengembangan jagat raya. Dalam kasus ini jagat raya tetap dan akan selalu tampak sama.
§  Teori berayun
Berdasarkan teori ini, semua materi saling menjauh dan berasal dari massa yang padat. Selanjutnya, materi itu gerakannya melambat kemudian berhenti dan mulai mengerut lagi akibat gaya gravitasi. Lalu materi tersebut akan memadat dan meledak lagi. Dalam proses ini tidak ada materi yang rusak hanya berubah tatanan.
Anggota-anggota jagat raya:
A.     Bintang
Teori jagat raya mengembang

Bintang adalah benda langit yang mempunyai cahaya sendiri akibat adanya reaksi inti didalamnya. Meskipun menggunakan teleskop paling canggih, kebanyakan bintang diruang angkasa terlihat tidak terlihat lebih besar dari ujung peniti. Semua bintang mempunyai warna dan ukuran yang berbeda-beda bahkan ada yang berpasangan dan saling mengorbit yang dikenal dengan bintang kembar seperti Beta Signi dalam konstelasi signus (angsa), dan castor dalam konstelasi Gemini(kembar)  
Gambar: beta signi
B.      Galaksi
Pengertian galaksi, galaksi merupakan suatu system perbintangan yang sangat luas, didalamnya terdapat jutaan bahlam miliaran benda-benda langit lainya sebagai anggota yang beredar mengelilingi pusat dengan gerakan yang teratur. Contohnya galaksi bima sakti dimana matahari sebagai bintang yang merupakan bagian dari galaksi tersebut. Sebagai anggota jagat raya galaksi mempunyai cahaya  sendiri dan jarak antara galaksi yang satu dengan lainya jutaan tahun cahaya.
Ciri-ciri galaksi:
F Galaksi terlihat diluar jalur bintang kali serayu, sejauh ratusan ribu cahaya, bahkan jutaan tahun cahaya.
F Galaksi mempunyai cahaya sendiri, bukan cahaya pantulan.
F Galaksi mempunyai bentuk tertentu yang mempunyai inti bercahaya di pusatnya, sehingga mudah dikenal. Bentuk-bentuk galaksi
F Jarak antar galaksi jutaan tahun cahaya

 Jenis-jenis galaksi:   
baca di: Daftar Galaksi Indah Yang Telah DiTemukan
C.      Asteroid
Pengertian asteoid, Asteroid atau planet minor ditemukan berada diantara orbit planet mars dan yupiter. Jumlah asteroid ada ribuan dengan garis tengah masing-masing kurang dari 300 mil.

Sudah sebanyak 5.000 asteroid ditemukan di dalam tata surya kita per bulannya. Berikut adalah asteroid yang memegang rekor di tata surya kita:
1)      Hermes, asteroid dengan alur orbit paling dekat dengan bumi.
2)      Icarus, asteroid dengan orbit terdekat dengan matahari.
3)      Hidalgo, asteroid dengan orbit terjauh dari matahari.
4)      Aresthusa, asteroid yang paling gelap.
5)      Vesta, asteroid yang paling terang dan dapat dilihat dengan mata telanjang.

D.     Komet
Pengertian komet, Komet merupakan benda angkasa yang mirip dengan asteroid tetapi hampir seluruhnya terbentuk dari gas ( karbon dioksida, metana, dan air) dan debu yang membeku. Komet merupakan bagian dari tata surya, bergerak pada orbitnya sendiri yang terkadang mendekati matahari atau planet-planet. Kebanyakan komet orbitnya berbentuk elips dan sangat panjang untuk sekali putaran membutuhkan waktu ratusan bahkan ribuan tahun. Ketika komet menghampiri bagian dalam tata surya, radiasi dari matahari mengakibatkan lapisan es terluarnya menguap. Arus debu dan gas yang dihasilkan membentuk atmosfer yang besar tetapi sangat tipis disekeliling komet yang disebut coma.

Macam-macam komet:
1)      Menurut bentuknya:
a)      Komet beredar, merupakan komet yang lintasannya jauh sampai ke daerah yang dingin. Komet ini pada saat mendekati matahari akan melepaskan gas yang diserap di daerah yang dingin untuk membentuk coma dan ekor.
b)      Komet tak berekor, merupakan komet yang lintasannya sangat pendek sehingga tidak memiliki kesempatan untuk menyerap gas didaerah yang dingin. Pada waktu mendekati matahari, komet ini tidak membentuk coma dan ekor.
2)      Menurut lintasannya:
a)      Komet periodic, adalah komet yang memiliki lintasan berbentuk elips yang sangat lonjong yanh memungkinkan komet secara periodic mendekati matahari.
b)      Komet non periodic, adalah komet yang mempunyai lintasan berbentuk parabola, komet jenis ini hanya sekali tampak kemudian hilang untuk selama-lamanya.
      Beberapa komet yang terkenal:
1.      Komet halley, muncul 76 tahun sekali,

2.      Komet west,
3.      Komet encke, muncul tiga tahun sekali,

4.      Komet hyakutake,

5.      Komet hale-bob.
E.      Sabuk Kuiper
Pengertian sabuk kuiper, Sabuk kuiper (kuiper belt) adalah sebuah wilayah dalam tata surya yang berada di sekitar orbit neptunus. Objek-objek di dalam sabuk kuiper disebut sebagai objek trans-neptunus. Astronom pertama yang mengemukakan keneradaan sabuk ini adalah Frederick C. Leonard tahun 1930 dan Kenneth E. Edgeworth tahun 1943. Pada tahun 1951, Gerard Kuiper mengemukakan bahwa sabuk tersebut merupakan sumber dari komet berumur pendek ( komet yang memiliki periode orbit kurang dari 200 tahun ).


F.       Meteoroid
Meteoroid atau orang inggris menamakannya shooting star merupakan benda angkasa yang bergerak memasuki atmosfer bumi karena gaya tarik (gravitasi) bumi. Karena ukurannya sangat kecil meteoroidsukar diamati ketika masih dalam orbitnya. Meteoroid baru dapat diamati ketika masuk ke atmosfer bumi dan mengeluarkan cahaya sehingga tampak seperti bintang jatuh. Berjuta meteoroid masuk ke atmosfer bumi satiap hari tetapi hanya sedikit saja yang sampai ke bumi karena habis terbakar di atmosfer bumi.

Meteoroid yang masuk ke atmosfer bumi disebut meteor. Meteor pada saat melintas bumi akan masuk ke atmosfer bumi dan bergesekan sehingga menjadi panas dan terbakar. Hanja meteor yang berukuran sangat besar yang bisa sampai ke permukaan bumi. Benda sisa meteor yang jatuh ke permukaan bumi disebut dengan meteorit. Diantaranya ada yang berukuran sangat besar yang lazim disebut meteorit raksasa, seperti yang jatuh di Arizona (Amerika Serikat).
Secara umum meteorit dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu:
a)      Meteorit besi, (siderite, merupakan formulasi antara unsure Fe dan N)
b)      Meteorit campuran besi dan batu (sicerolit)
c)      Meteorit batu (aerolit, komposisi utamanya adalah silikat/SiO2)



kunjungi juga:



Rasi Bintang :
Rasi Bintang



Related Post / Artikel Terkait:

Posting dengan judul Langit Malam (The Night Sky) Dan Benda Benda Langit ini terdapat pada kategori Astronomi. Bagikan halaman ini dengan URL http://iptek7.blogspot.com/2012/03/langit-malam-night-sky-dan-benda-langit.html.
Gunakan kode HTML berikut:

Atau Gunakan BBCode berikut:

Terima kasih!
Langit Malam (The Night Sky) Dan Benda Benda Langit Judul Artikel : Langit Malam (The Night Sky) Dan Benda Benda Langit
Ditulis oleh: Miko Satria D'Kamikaze
Rating : 5.0 based on 7 Reviews
Dipublikasikan tanggal : 3/20/2012
Komentar
5 Komentar

5 komentar untuk "Langit Malam (The Night Sky) Dan Benda Benda Langit"

  1. Blog bagus, berdasarkan teori jagat raya mengembang berarti jarak antar galaksi akan semakin jauh, maka untuk masa depan akan sulit berkunjung ke galaksi lain.

    ReplyDelete
  2. Mantap blog nya keren,sangat bermanfaat untuk dunia pendidikan. Kunjungan balik nih, thanks ya udah mampir ke blog saya.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik. Komentar anda sangat diperlukan untuk perkembangan Blog ini. Komentar disini tanpa kode verifikasi.
Baca juga Posting lain | Daftar Isi