IpTek (Seven) Blog

Paradoks Kembar dan Pemekaran Dimensi Waktu IpTek (Seven) Blog

Blog edisi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IpTek), Astronomi, tutorial, Kumpulan kata-kata, Download Aplikasi, Kode HTML, trik SEO, berita dan trik/cara.


Paradoks Kembar dan Pemekaran Dimensi Waktu

Ditulis Oleh : Miko Satria D'Kamikaze | Pada Tanggal : 8/21/2012

Paradoks Kembar dan Pemekaran Waktu

Salah satu hal yang menarik dari masalah pemekaran waktu adalah gejala yang dikenal dengan sebutan Paradoks Kembar. Misalkan ada dua orang kembar, Yona dan Pasca. Yona pergi berpetualang saat berumur 25 tahun menuju ke sebuah Planet X yang berjarak 30 tahun cahaya dari Bumi. Pesawat antariksanya dapat dipercepat hingga mendekati Kecepatan Cahaya. Setelah tiba di Planet X, Yona menjadi sangat rindu dengan rumahnya dan segera kembali ke Bumi dengan kelajuan yang sangat tinggi. Ketika tiba di Bumi,
Yona sangat terkejut melihat kota yang ditinggalkannya telah berubah menjadi kota SuperModern dan saudara kembarnya Pasca telah berusia 75 tahun dan menderita sakit tua. Yona sendiri hanya bertambah usia 10 tahun, dan usianya menjadi 35 tahun. Ini karena proses biologis dalam tubuhnya mengalami perlambatan selama perjalanannya mengarungi antariksa. Jadi sangatlah wajar jika kita mengajukan pertanyaan: "Kembaran manakah yang sesungguhnya bergerak dengan kelajuan mendekati kelajuan cahaya, karena itu pertambahan usianya lebih kecil?". Disinilah letak Paradoksnya, dari kerangkan acuan Pasca dia adalah diam sementar saudaranya Yona bergerak dengan kecepatan sangat tinggi. Pada pihak lain, Menurut Yona, dia adalah diam sementara saudara kembarnya di Bumi bergerak menjauhinya dan kemudian mendekatinya. Kasus ini menimbulkan kebingungan, Manakah kembaran yang sesunggunya lebih tua. Pemecahan masalah paradoks ini bergantung pada ke tidak simetrisan kehidupan pasangan kembar itu. Dalam seluruh hidupnya Pasca yang berada di Bumi selalu berada dalam kerangka Acuan Inersial, kecuali periode singkat ketika Yona Membalikan pesawatnya ke Bumi, tetapi periode ini dapat kita abaikan. Dengan demikian adalah sah (Benar) menurut teori relativitas khusus. Sebaliknya Yona mengalami sederetan percepatn dan perlambatan selama perjalan Mengungkap Misteri Ke Planet X dan kembali ke rumah, dan karena itu dia tidak selalu berada dalam gerak lurus beraturan. Ini berarti Yona berada dalam suatu kerangka acuan Non Inersial selama sebagian waktu dari perjalanannya, sehingga perhitungan selang waktu berdasarkan teori relativitas khusus adalah tidak sah dalam kerangka acuan ini.
Paradoks Kembar dan Pemekaran Waktu

 Jadi, Kesimpulannya yang benar adalah Petualang Ke Ruang Angkasa Selalu Lebih Muda Ketika Kembali Ke Bumi. Bukti Pemekaran Waktu Fakta dari pemekaran waktu dibuktikan dalam suatu percobaan yang ditampilkan oleh B. Rossi dan D.B. Hall pada tahun 1941 dan diulang dalam bentuk yang lebih sederhana oleh D.H Frisch dan J.H Smith pada tahun 1963. Sebuah Partikel elementer Muon di produksi di atmosfer (pada ketinggian ribuan meter di atas permukaan laut) dari pemboman proton-proton sinar kosmis. Percobaan ini melibatkan perbandingan Jumlah N1 muon yang di deteksi pada ketinggian 2000 m dengan jumlah N2 muon yang dideteksi pada permukaan laut.Muon yang kelajuannya diketahui v=0,995c memerlukan waktu 6,7 ms untuk menempuh jarak dari puncak gunung ke permukaan laut. Bukti yang tegas tentang pemekaran waktu diterima Tahun 1971 melalui percobaan yang dilakukan oleh J.C Hafele dan R.E Keating. Mereka Membawa jam atom mengelilingi dunia dengan pesawat jet. Karena kelajuan pesawat jet jauh lebih kecil dari c, efek pemekaran waktu sangatlah kecil, tetapi jam atom memiliki ketelitian 10-9s dapat mengukur efek pemekaran ini. Jam atom berada di angkasa selama 45 jam, dan selang waktu diukurnya dibandingkan dengan jam atom standar yang disimpan di bumi. Hasil percobaan mennjukan adanya perbedaan selang waktu antara jam ataom dalam pesawat dengan jam atom di bumi, tepat seperti yang di prediksi oleh pemekaran waktu. Demikian pembahasan dari Iptek (Seven) Blog tentang Paradoks Kembar dan Pemekaran Dimensi Waktu (Time Dilation). Semoga Bermanfaat bagi sobat semua. salam hangat dari IpTek7.BlogSpot.Com

Related Post / Artikel Terkait:

Posting dengan judul Paradoks Kembar dan Pemekaran Dimensi Waktu ini terdapat pada kategori Astronomi. Bagikan halaman ini dengan URL http://iptek7.blogspot.com/2012/08/paradoks-kembar-pemekaran-dimensi-waktu.html.
Gunakan kode HTML berikut:

Atau Gunakan BBCode berikut:

Terima kasih!
Paradoks Kembar dan Pemekaran Dimensi Waktu Judul Artikel : Paradoks Kembar dan Pemekaran Dimensi Waktu
Ditulis oleh: Miko Satria D'Kamikaze
Rating : 5.0 based on 7 Reviews
Dipublikasikan tanggal : 8/21/2012
Komentar
5 Komentar

5 komentar untuk "Paradoks Kembar dan Pemekaran Dimensi Waktu"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. dimensi waktu?
    masih misteri di benak ane gan

    ReplyDelete
  3. Postingan ini membantu pengetahuan saya.. mkch sob..

    ReplyDelete
  4. kasih contoh dan pembahsannya dong ......, aku bingung nih ......! segera di bls ya..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Contohnya begini, misalnya ada dua orang kembar yang usianya sama, kemudian salah satu diantara mereka pergi ke arah orbit pluto dengan pesawat antariksa, dan sesampai di orbit pluto kemudian dia kembali lagi ke bumi, maka nanti kembarannya yang ada di bumi akan terlihat jauh lebih tua dari pada yang pergi ke orbit pluto tadi, baca juga Teori Relativitas Einstein.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik. Komentar anda sangat diperlukan untuk perkembangan Blog ini. Komentar disini tanpa kode verifikasi.
Baca juga Posting lain | Daftar Isi